Be A Leader (Sinopsis buku saya)

Sinopsis

Kepemimpinan sesungguhnya seni, pengetahuan, karakter dan keterampilan yang bisa dipelajari dan dikembangkan. Gambaran yang salah dan mitos yang keliru tentang kepemimpinan membuat banyak orang meragukan dirinya dan tidak mengivestasikan waktu, kesempatan, dan uang untuk mempelajari dan mengembangkan kepemimpinan.

Tulisan kepemimpinan masa kini menyingkapkan bahwa sebagian besar ahli percaya bahwa pemimpin itu memang terlahir dan juga dibentuk. Meskipun ada faktor-faktor tertentu diluar kendali yang punya pengaruh pada orang-orang, yang mempengaruhi mereka untuk jadi pemimpin. Tetapi, ada faktor-faktor lain yang dalam kendali orang itu, yang jika dikembangkan, dapat sangat meningkatkan kemampuan kepemimpinan mereka. Media seringkali secara keliru menggambarkan pemimpin-pemimpin di depan umum sebagai orang-orang yang berbakat, punya kharisma, yang secara fisik keren dan menarik orang banyak. Gambaran kepemimpinan yang tidak benar ini, dapat membuat banyak calon pemimpin jadi meragukan dirinya sendiri. Tetapi, sebenarnya kenyataan menunjukan, bahwa sebagian besar orang dapat melaksanakan kepemimpinan dalam suatu arena kehidupan, jika mereka mau bertumbuh sebagai pribadi-pribadi dan mau mengembangkan keterampilan kepemimpinan tertentu.

Buku ini tidak masuk dalam wilayah perdebatan apakah kepemimpinan itu dilahirkan atau dibentuk. Fokus buku ini lebih pada pengembangan kepemimpinan. Asumsinya adalah sebagian besar diantara kita pasti terlibat dalam proses dan peran kepemimpinan baik formal maupun informal. Pertanyaanya, bagaimana meningkatkan keefektifan kepemimpinan? Bagaimana mengembangkan kapasitas, skill kepemimpinan? Apa saja sumber-sumber bagi terbentuknya kepemimpinan? Adakah karakteristik umum (common trait) yang dimiliki pemimpin? Apakah prinsip-prinsip utama kepemimpian?

Sebagai pengaya wawasan pada bagian awal diuraikan perkembangan ide dan pendekatan kepemimpinan; dari era Mesir Kuno hingga abad ke-21. Beberapa kisah inspiratif dan contoh melengkapi uraian topik-topik yang ada.

Buku ini merupakan hasil pengolahan, refleksi atas pengalaman, keterlibatan dalam berorganisasi baik lokal, nasional, regional Asia, kerja professional di dalam dan luar negeri, hasil diskusi, interaksi yang intens dengan para pemimpin baik bisnis maupun politik, perjumpaan dengan tokoh-tokoh masyarakat, membaca biografi dan otobiografi, dan tulisan para ahli kepemimpinan. Dalam kerangka penulisan buku ini, survey informal dengan rekan-rekan profesional muda dari pelbagai bidang dilakukan.

Sehigga, buku ini sangat cocok dibaca oleh rekan-rekan muda, pelajar, mahasiswa, profesional muda, pebisnis pemula, pendamping kaum muda, guru, dosen dengan tujuan dan harapan dapat menginvestasikan waktu, uang dan kesempatan untuk mempelajari dan mengembangkan kepemimpinan. Kepemimpinan itu seperti berinvestasi yang akan berakumulasi. Jika kita terus berinvestasi dalam perkembangan kepemimpinan, hasil akhirnya adalah pertumbuhan dengan berjalannya waktu.

 

About eliasdabur

I am a witter, political activist, spiritualist
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s